Rabu, 03 Oktober 2018

Cara Mengatasi HP Ngelag dan Mental Saat Main Mobile Legends

Saat ini game Mobile Legends sangat digandrungi oleh masyarakat. Bahkan game untuk android ini telah dimainkan oleh banyak lapisan masyarakat. Tidak hanya anak muda saja, banyak juga orang dewasa yang sudah beristri dan memiliki anak memainkan game buatan Moonton ini. Namun banyak yang gagal menkmati keseruan permainan bergenre MOBA ini karena hp atau smartphone yang dipakai mengalami lag, mental, dan cepat panas.

mengatasi lag saat main mobile legends

Ada banyak cara mengatasi mobile legends mental dan lag. Namun sebelum menuju cara mengatasi permasalahan tersebut, ada baiknya diketahui dulu apa penyebab dari game mobile legends mental saat dimainkan. Beberapa sebab yang lazim ditemui saat main game online ini adalah :

1. Spesifikasi HP yang kurang

Setidaknya, hp yang dipakai untuk memainkan mobile legends adalah hp dengan spesifikasi menengah ke atas. Apabila spesifikasi kurang mumpuni, maka wajar jika ML -singkatan mobile legends- akan mrntal saat dimainkan. Setidaknya RAM yang dimiliki ponsel tersebut memiliki RAM 1 gb. Kalau bisa di atas 2 gb, karena saat saya coba dengan RAM 1 gb masih kerap mengalami lag.

2. Memori internal yang tipis

Memori internal yang tipis juga sangat berpengaruh pada lag atau tidaknya game mobile legends. Dengan memori internal yang sedikit, maka akan membuat ponsel lelet dan membuat game bekerja kurang optimal. Sangat wajar apabila game ML tersebut mental apabila memori internal kalian kurang memadai.

3. Panas

Ponsel yang panas akan mengakibatkan kinerjanya menurun. Hal itulah yang membuat mobile legends mental apabila dimainkan dalam kondisi panas.

4. Sinyal

Sudah diketahui bersama, mobile legends akan mengalami lag apabila sinyal dalam kondisi buruk. Sinyal sendiri berpengaruh besar bagi kelancaran game MOBA ini karena game tersebut dimainkan secara online. Sinyal H+ atau 3G kurang tepat untuk memainkan game ini, walaupun bisa. Namun sinyal yang sudah 4G akan sangat dianjurkan untuk memainkan permainan tersebut.

5. Banyaknya aplikasi berjalan

Aplikasi yang banyak di ponsel akan mengakibatkan memori internal menurun, begitu pula dengan RAM. Aplikasi yang berukuran jumbo seperti whatsapp, instagram, dan facebook jika dipasang bersamaan dengan ML maka akan menurunkan kinerja ponsel. Akibatnya akan membuat hp lag. Begitu pula apabila di dalam ponsel telah terpasang game-game lain, pasti aakn sangat memberatkan ponsel untuk main ML.

Setelah melihat beberapa penyebab mobile legends lag atau macet bahkan mental di atas, maka sekarang akan dilanjut ke pembahasan utama, yakni cara menanggulanginya. Ada beberapa cara mengatasi hp ngelag saat main mobile legends yang bisa dipraktikkan. Berikut adalah beberapa tips agar mobile legends tidak macet atau mental di hp ram kecil :

1. Hapus aplikasi yang 'kurang penting'

Menurut pengalaman yang telah kami dapatkan, aplikasi yang banyak sangat menganggu peforma game ini. Di salah satu ponsel kami yang memiliki RAM 1 GB, aplikasi yang kami install hanya ML, WA, FB Lite, dan Google Play Games. Sisanya adalah aplikasi bawaan. Dengan aplikasi tersebut, dapat dipastikan main mobile legends cukup lancar, walaupun agak lag. Agar aman, kalian bisa hapus lagi aplikasi yang tidak penting agar main ML makin lancar.

2. Pastikan RAM tersisa cukup banyak

Menurut pengalaman yang telah kami dapat pada ponsel dengan RAM 1 GB, RAM yang tersisa minimal harus di atas 400 mb agar berjalan maksimal. Walaupun begitu, pada saat kondisi RAM masih tersisa 300 MB juga terkadang tidak mengalami kendala. Cara agar RAM memiliki kapasitas yang besara adalah dengan tidak menginstall aplikasi yang berlebihan. Bisa juga dengan menutup aplikasi yang saat itu masih berjalan atau membersihkan RAM dengan aplikasi pihak ketiga, layaknya Clean Master dan teman-temannya.

3. Pastikan memori internal masih banyak

Memori internal yang banyak akan mendukung kinerja smartphone agar makin optimal. Maka dari itu, pastikan memori internal di hp kalian cukup memadai, setidaknya masih tersisa 1.5 GB. Untuk mendapatkan memori internal yang besar, hapus saja file-file dan gambat tidak penting di penyimpanan perangkat atau memori internal kalian.

4. Usahakan ponsel tidak panas

Tela disinggung di atas, ponsel yang panas akan membuat smartphone kurang optimal sehingga menyebabkan hp lag saat main ML. Maka dari itu, jangan sampai ponsel kalian dalam kondisi panas. Cara agar ponsel tidak cepat panas cukup banyak, mulai dari menggunakan jaringan wifi (bukan dari data seluler kalian), memakai jaringan atau sinyal yang cepat, tidak main saat siang hari atau kondisi cuaca panas, tidak main dalam keadaan charging, dan lain-lain.

Kami pernah bermain di tengah malam dengan jaringan wifi tetangga dan hasilnya memuaskan, hp tidak lag sampai pagi. Beda cerita saat siang hari, hp saya justru beberapa kali mengalami lag, bahkan mental.

5. Pastikan sinyal dalam kondisi bagus

Sinyal yang bagus dengan kecepatan dewa sangat menunjung ponsel agar tidak lag. Pilihlan provider yang mampu menghasilkan kecepatan tinggi di daerah kalian agar main game bisa optimal. Usahakan pula sinyal atau jaringan kalian dalam kondisi 4G agar makin bagus. Kami pernah mencoba menggunakan ponsel dengan sinyal 3G, namun dirasa-rasa kurang bagus untuk main ML, walaupun masih bisa untuk main.

6. Aktifkan Speed Mode

mengatasi lag saat main mobile legends

Moonton menyediakan suatu mode yang bisa dipakai hp kentang untuk mengatasi ponsel sering lag, yakni dengan mengaktifkan Speed Mode. Caranya adalah dengan masuk ke game ML kalian, tekan tombol pengaturan yang ada di pojok atas, scroll saja ke bawah dan cari Speed Mode, tekan on. Dengan mengaktifkan mode ini, maka akan sedikit memengaruhi kinerja ponsel dan tidak membebaninya terlalu berat. Dengan begitu saat main ML bisa sedikit lancar walau di hp kentang sekalipun.

7. Pastikan Ping selalu hijau atau setidaknya kuning

mengatasi lag saat main mobile legends

Ping di ML berada bagian atas dekat pengaturan sat berada di halaman awal. Juga akan terlihat apabila memasuki mode permainan classic atau rank di bagian atas foto kalian. Pastikan ping tersebut memiliki ping bewarna hijau atau kuning agar nantinya bisa main maksimal. Ping sendiri dipengaruhi oleh sinyal dan tingkat kepanasan hp. Maka dari itu, pastikan sinyal bagus dan hp tidak panas agar ping bagus.

8. Ganti HP

Cara paling ampuh agar kalian bisa main mobile legends adalah dengan mengganti hp. Pastikan hp tersebutu memiliki spesifikasi yang cukup dengan memori internal (ROM) dan RAM yang besar. Dengan begituj kalian bisa bebas main game sepuasnya, termasuk main game-game jumbo lain.

Di atas adalah 8 cara mengatasi hp ngelag, macet, dan mental saat main mobile legends di hp. Cara tersebut bisa langsung dipraktekkan pada ponsel kalian agar nantinya saat main hp tidak mengalam kendala seperti hal tersebut. Denagn trik tersebut diharapkan agar hp kalian mampu bermain game mobile legends bahkan game-game lain berjalan dengan lancar.

0 komentar

Posting Komentar